Sabtu, 15 Januari 2011

UNIT 3 --- Public Speaking (3) - Persiapan Presentasi

   Public Speaking (3) - Persiapan Presentasi

            Dengan persiapan yang baik dan perencanaan kita akan benar-benar percaya diri dan kurang gugup. Dan penonton kita akan merasa keyakinan kita. penonton kita juga akan menjadi percaya diri. Mereka akan percaya diri dalam diri kita. Dan ini akan memberi kita kontrol. Pengendalian pendengar kita dan dari presentasi kami. Dengan kontrol, kita akan 'bertugas' dan penonton kami akan mendengarkan positif terhadap pesan kita.

? Tujuan
              Sebelum kita mulai untuk menyiapkan presentasi, kita harus bertanya kepada diri sendiri: "Mengapa saya membuat presentasi ini?" Apakah kita perlu menginformasikan, untuk membujuk, untuk melatih atau menjual? Tujuan kami harus jelas dalam pikiran kita. Jika tidak jelas dalam pikiran kita, tidak mungkin jelas bagi pendengar kita.

? Para penonton
              "Siapa aku membuat presentasi ini?" Kadang-kadang ini akan jelas, tetapi tidak selalu. Kita harus mencoba untuk memberitahu diri kita sendiri. Berapa banyak orang? Siapakah mereka? Bisnis orang? Profesional orang? Politik orang? Para ahli atau non-ahli? Apakah bisa sebuah kelompok kecil, intim dari 4 rekan atau pertemuan besar dari 400 pesaing? Berapa banyak mereka sudah tahu dan apa yang akan mereka harapkan dari kita?

? Tempat
               "Di mana aku membuat presentasi ini?" Dalam pertemuan kecil-kamar hotel atau gedung pertemuan yang besar? Apa fasilitas dan peralatan yang tersedia? Apakah pengaturan tempat duduk?

? Waktu dan panjang 
              "Kapan aku membuat presentasi ini dan berapa lama itu?" Apakah akan 5 menit atau 1 jam? Tepat sebelum makan siang, ketika penonton kita akan lapar, atau hanya setelah makan siang, ketika penonton kita akan mengantuk?

? Metode
              "Bagaimana saya harus membuat presentasi ini?" Apa pendekatan yang harus kita gunakan? Formal atau informal? Banyak alat bantu visual atau hanya beberapa? Akankah kita menyertakan beberapa anekdot dan humor untuk berbagai?

? Isi
            "Apa yang harus saya katakan?" Sekarang kita harus memutuskan dengan tepat apa yang ingin kita katakan. Pertama, kita harus brainstorming ide-ide kami. Kami tidak diragukan lagi akan menemukan banyak ide yang ingin kita sertakan dalam presentasi kami. Tapi kita harus selektif. Kita harus mencakup informasi saja yang relevan dengan pendengar kita dan tujuan kita. Kita harus mengecualikan semua ide-ide lainnya. Kita juga perlu membuat sebuah judul untuk presentasi kita (jika kita belum diberi judul). Judul akan membantu kita untuk fokus pada subjek. Dan kita akan mempersiapkan alat bantu visual kita, jika kita telah memutuskan untuk menggunakannya. Tapi ingat, secara umum, kurang lebih baik dari yang lebih (sedikit lebih baik daripada banyak). Kami selalu dapat memberikan informasi tambahan selama pertanyaan setelah presentasi.

? Struktur
               Sebuah presentasi terorganisir dengan struktur yang jelas lebih mudah bagi penonton untuk mengikuti. Oleh karena itu lebih efektif. Kita harus mengatur poin kita ingin membuat dalam suatu urutan logis. Sebagian besar presentasi diselenggarakan dalam tiga bagian, diikuti dengan pertanyaan:

Awal  Pengenalan pendek        • pengenalan singkat kami menyambut penonton
                                                  • memperkenalkan subjek kami
                                                  • menjelaskan struktur dari presentasi kami
                                                  • menjelaskan aturan untuk pertanyaan

Badan Tengah  Tubuh presentasi    • presentasi ini subyek itu sendiri

Akhir  Kesimpulan Pendek              • Akhir kesimpulan singkat meringkas presentasi kami
                                                          • pendengar kita terima
                                                          • mengundang pertanyaan

Pertanyaan dan Jawaban

? Catatan
                Ketika kita memberikan presentasi kita, kita harus - atau tampaknya - seperti spontan mungkin. Kita tidak harus membaca presentasi kami! Kita harus begitu akrab dengan subjek kami dan dengan informasi yang kami ingin menyampaikan bahwa kita tidak perlu membaca teks. Membaca teks yang membosankan! Membaca teks akan membuat penonton kita pergi tidur! Jadi jika kita tidak memiliki teks untuk membaca, bagaimana bisa kita ingat untuk mengatakan bahwa segala yang kita perlu katakan? Dengan catatan. Kita bisa menciptakan sistem kita sendiri catatan. Beberapa orang membuat catatan pada kecil, A6 kartu. Beberapa orang hanya menuliskan judul dari setiap bagian dari pembicaraan mereka. Beberapa orang menuliskan kata kunci untuk mengingatkan mereka. Catatan akan memberikan kami kepercayaan diri, tetapi karena kita akan menyiapkan presentasi kita sepenuhnya, kita tidak mungkin bahkan membutuhkan mereka!

? Latihan 
             Latihan adalah bagian penting dari persiapan. Kita harus meninggalkan waktu untuk berlatih presentasi kami dua atau tiga kali. Ini akan memiliki manfaat sebagai berikut :

  • kita akan menjadi lebih akrab dengan apa yang ingin kita katakan
  • kami akan mengidentifikasi kelemahan dalam presentasi kami
  • kita akan dapat mempraktekkan pengucapan sulit
  • kita akan dapat memeriksa waktu presentasi kita mengambil dan membuat modifikasi yang diperlukan

            Jadi siapkan, siapkan, siapkan! Siapkan segalanya: kata-kata, alat bantu visual, waktu, peralatan. Latih presentasi kami beberapa kali dan waktu itu.
Apakah panjang yang tepat?                 Apakah kita benar-benar akrab dengan semua ilustrasi kita?
Apakah mereka dalam urutan yang benar?      Apakah kita tahu siapa penonton?
Berapa banyak orang?                                   Bagaimana kita menjawab pertanyaan yang sulit?
Apakah kita tahu ruangan?                             Apakah kita yakin tentang peralatan?

            Ketika kita telah menjawab semua pertanyaan ini, kita akan menjadi presenter, percaya diri antusias siap untuk mengkomunikasikan subyek presentasi kami untuk audiens bersemangat. Tabel berikut menunjukkan contoh bahasa untuk masing-masing fungsi. Kita mungkin perlu mengubah bahasa yang sesuai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar